News Update

Kamis, 26 Agustus 2021

Memilih Sekolah Interkultural di Jakarta, Apa saja Kelebihannya?

0 comments

 

Sekolah

Sekolah swasta yang ada di Indonesia sangat beraneka ragam, mulai dari sekolah berbasis agama hingga sekolah internasional. Sekolah swasta dengan standar internasional seperti Jakarta Intercultural School dapat menjadi pilihan bagi WNA maupun WNI yang menginginkan pendidikan internasional.

 

Mengapa Memilih Sekolah Interkultural di Jakarta?

·         Memiliki Kurikulum Berstandar Internasional (IB)

Sekolah internasional pasti menggunakan kurikulum yang berbeda dengan sekolah negeri di Indonesia. Ada banyak kurikulum yang dipakai, salah satunya IB atau International Baccalaurate.

 

Kurikulum IB sendiri memiliki acuan untuk membuat siswa lebih mengenali potensi dalam dirinya dan berfokus pada pengembangan kreativitas. Sekolah internasional juga lebih banyak memiliki interaksi antar siswa maupun guru, sehingga siswa akan lebih aktif .

 

·         Fasilitas untuk Siswa Super Lengkap

Fasilitas yang diberikan kepada setiap siswa sekolah internasional termasuk lebih komplit dibandingkan sekolah negeri. Semua pembelajaran menggunakan media digital yang canggih. Selain itu, buku yang tersedia juga sangat lengkap.

 

Guna memberikan dukungan penuh, sekolah juga menyediakan kolam renang, lapangan sepak bola, tribune, hingga layanan kendaraan untuk jenjang tertentu. Bisa dikatakan jika sekolah internasional memberikan banyak kenyamanan bagi siswanya.

 

·         Metode Pembelajaran yang Kreatif

Cara belajar yang diterapkan sekolah internasional dibuat lebih menyenangkan. Siswa tidak hanya mendengarkan penjelasan guru, tetapi harus turut serta dalam setiap kegiatan. Pembelajaran pun tidak hanya di dalam ruangan, tetapi juga mengeksplor area luar.

 

Seluruh pembelajaran di sekolah internasional menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa komunikasinya. Namun, bahasa Indonesia tetap dijadikan mata pelajaran, sehingga siswa lokal tidak akan kehilangan jati dirinya.

 

·         Mengenal Budaya yang Beragam

Siswa di sekolah internasional biasanya berasal dari berbagai negara. Hal ini membuat siswa lebih menghargai perbedaan dan terekspose pada beragam budaya lain. Semakin banyak budaya yang dikenal siswa, maka semakin tinggi pula rasa toleransi yang dimiliki.

 

Pihak sekolah juga memberikan apresiasi mengenai keragaman budaya lewat acara-acara sekolah. Biasanya akan diadakan festival tentang adat budaya Indonesia maupun dari negara lain.

 

·         Tenaga Pendidik Profesional

Para pengajar di sekolah internasional sebagian besar adalah warga negara asing. Hal ini dikarenakan kebijakan dari sekolah itu sendiri dan lebih memudahkan penyampaian pelajaran ke para siswa.

 

Namun, sekolah internasional juga tetap diwajibkan memiliki tenaga pendidik lokal. Biasanya pihak sekolah akan menyaringnya secara ketat dan kriterianya sudah disesuaikan dengan kebutuhan. Maka, tidak semua guru lokal bisa mengajar di sekolah internasional.

 

Standar guru lokal yang dapat diterima biasanya harus fasih berbahasa Inggris secara aktif. Selain itu, juga didukung dengan sertifikat dengan berbagai skill khususnya dalam bidang pendidikan.

 

Para orang tua dapat mendaftarkan anaknya di sekolah internasional sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Pastikan untuk memilih sekolah yang tepat agar anak merasa nyaman saat belajar. Selain itu, persiapan pendidikan anak juga disesuaikan dengan kemampuan finansial orang tuanya. 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar