News Update

Rabu, 14 Juli 2021

Wisata Museum, Wisata Alternatif di Jakarta

0 comments
Museum Taman Fatahillah


Pergi ke tempat hangout di Jakarta sekarang menjadi suatu kebutuhan banyak orang, khususnya warga Jakarta yang memiliki tingkat aktivitas dan kesibukan yang tinggi. Tidak hanya sekadar bersenang-senang saja, aktivitas tersebut juga dapat menjaga kestabilan emosi dan kesehatan.  Umumnya, hangout dilakukan dengan menghabiskan waktu bersama teman di kafe sambil mengobrol.


Namun, tahukah kamu bahwa pergi hangout dengan berwisata museum ternyata juga menyenangkan, loh? Berikut ini beberapa destinasi wisata museum yang bisa kamu kunjungi.


     Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum yang berada di Taman Fatahilah, Jakarta Barat ini pernah menjadi kantor walikota Jakarta pada tahun 1967 dan Kantor Dinas Museum dan Sejarah pada tahun 1968 hingga 1975 ini diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 20 Agustus 1976 sebagai Gedung Balai Seni Rupa.

Di gedung ini pula terdapat Museum Keramik  yang diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta pada saat itu, Bapak Ali Sadikin pada tahun 10 Juni 1977, kemudian pada tahun 1990 menjadi Museum Seni Rupa dan Keramik Sampai Sekarang.

Dalam Museum ini terdapat sekitar 500 karya seni rupa yang terdiri dari seni lukis, seni patung, hingga batik tulis. Dalam museum ini juga terdapat koleksi nasional berupa lukisan karya Hendra Gunawan, Raden Saleh, hingga Affandi.

Selain koleksi lukisan, di museum ini terdapat banyak koleksi keramik yang berasal dari dalam hingga luar negeri. Ada pula perpustakaan serta studio gerabah jika kamu berminat mencoba membuat gerabah sendiri.


      Museum Basoeki Abdullah

Museum yang bertempat di Cilandak barat, Jakarta Selatan ini bisa kamu kunjungi  setiap hari dari pukul 10.00 pagi sampai dengan 08.00 malam, Museum Basoeki Abdullah sendiri berisi koleksi pribadi dari Basoeki Abdullah.

Koleksi dari Basoeki Abdullah tidak terbatas hanya koleksi lukisan saja, akan tetapi banyak terdapat patung, topeng, wayang hingga senjata. Museum ini selain digunakan sebagai tempat pameran, sering juga digunakan sebagai tempat penelitian hingga seminar.

Pada museum ini terdapat dua lantai yang bisa kamu jelajahi sambil menikmati koleksi dari Bapak Basoeki Abdullah yang mencapai 720 buah dengan berbagai tema beragam, mulai dari lukisan wajah, pemandangan alam hingga abstrak.


      Art One New Museum

Museum yang dahulunya bernama Mon D├ęcor Gallery ini telah berdiri sejak tahun 1983, kemudian bertransformasi menjadi museum swasta pada tahun 2011. Museum yang berlokasi  di Jakarta Pusat ini memiliki luas 4000m².

Dalam museum ini terdapat beragam koleksi lukisan dari berbagai seniman, mulai dari seniman ahli, seniman modern, hingga seniman kontemporer.


Menarik kan? Apalagi jika kamu menyukai seni, mengunjungi berbagai museum di atas pasti akan terasa seru.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar