News Update

Selasa, 22 Juni 2021

5 Tips Cerdas Kelola Keuangan Agar Kantong Tidak Jebol

0 comments

 

Mengelola Keuangan

Sudah berkeluarga ataupun belum, Anda harus bisa mengelola keuangan secara cerdas. Meskipun bukan perkara mudah, namun Anda tetap harus mencobanya dengan memiliki asuransi jiwa murni secara online agar kantong tidak jebol.


Lantas, bagaimana caranya mengelola keuangan agar gaji bulanan tidak habis sebelum waktunya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.


  1. Prioritaskan Kebutuhan Pokok dengan Membuat Catatan Kebutuhan Bulanan

Seperti dilansir dari Bola.com, salah satu cara cerdas mengelola keuangan adalah memprioritaskan kebutuhan pokok. Cara ini bisa Anda lakukan dengan membuat catatan kebutuhan bulanan. Tulislah apa saja yang Anda perlu selama satu bulan ke depan. Dengan menulis seluruh kebutuhan, Anda bisa mengetahui seberapa besar pengeluaran selama satu bulan. Selain itu, kurangi kebiasaan membeli makanan di luar. Jika kebiasaan jajan tidak bisa dikontrol, maka pengeluaran akan menjadi lebih besar.


  1. Kurangi Pengeluaran yang Tidak Penting

Ada kalanya Anda ingin membeli sesuatu hanya karena ingin, bukan karena butuh. Nah, hal ini ternyata bisa membuat Anda lebih boros. Supaya kantong tidak jebol, usahakan untuk mengurangi pengeluaran yang tidak penting. Pilihlah barang mana saja yang benar-benar Anda butuhkan dan memiliki nilai guna tinggi.

Sebelum membeli barang pun, Anda perlu bertanya ulang pada diri sendiri. Apakah barang tersebut  benar-benar Anda butuhkan atau sekadar mengikuti tren. Dengan kata lain, Anda harus bisa mengontrol keinginan.


  1. Manfaatkan Diskon

Dilansir dari situs Haibunda, memanfaatkan diskon bisa jadi cara tepat dalam mengelola keuangan bulanan. Meskipun tidak bisa dilakukan secara rutin, namun tak ada salahnya Anda memanfaatkan diskon ketika sedang berbelanja. Dengan adanya diskonan, Anda bisa menghemat pengeluaran karena harga beli yang lebih murah.

Meski begitu, ada satu hal penting yang tak boleh Anda kesampingkan jika ingin membeli barang diskon, yakni kualitas. Sebab itulah, Anda harus memilih barang dengan cemat agar mendapatkan yang berkualitas.


  1. Siapkan Dana Cadangan

Berapapun gaji bulanan yang Anda terima, memiliki dana cadangan adalah sebuah keharusan. Dana cadangan harus dipisahkan dari tabungan rutin supaya tidak tercampur menjadi satu. Dana cadangan mempunyai banyak manfaat untuk Anda dan keluarga. Salah satunya adalah untuk mencukupi kebutuhan tak terduga di kala mendesak, seperti halnya saat ada anggota keluarga yang sakit. Dengan memiliki dana cadangan, Anda tak perlu mengambil tabungan inti untuk memenuhi kebutuhan yang mendesak.


  1. Memiliki Asuransi

Tips terakhir adalah memiliki asuransi. Meski sebagian orang menganggapnya bukan prioritas utama, tapi dengan memiliki asuransi Anda dan keluarga bisa terjamin secara kesehatan maupun finansial. Ada banyak jenis asuransi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Mulai dari asuransi kesehatan, asuransi kecelakaan, asuransi jiwa, asuransi properti, hingga asuransi pendidikan.


Selama mengetahui caranya, mengatur keuangan bukanlah hal sulit, ‘kan?

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar